Kamis, 24 Februari 2011

Benda-benda Langit

1. Komet
Komet atau bintang berekor adalah benda angkasa yang mirip asteroid, tetapi hampir dari seluruhnya terbentuk dari gas (karbon dioksida, metana, air) dan debu yang membeku. Komet cerah pasti menarik perhatian orang banyak. Bentuk orbitnya elips
Ciri Fisik
Ketika komet menghampiri bagian dalam Tata Surya radiasi dari matahari menyebabkan lapisan es terluarnya menguap. Arus debu dan gas yang dihasilkan membentuk suatu atmosfer yang besar tetapi sangat tipis di sekeliling komet, disebut coma. Akibat tekanan radiasi matahari dan anging matahari pada coma ini, terbentuklah ekor raksasa yang menjauhi matahari.
Coma dan ekor kometnya membalikan cahaya matahari dan bisa dilihat dari bumi jika komet itu cukup dekat. Ekor komet berbeda-berda bentuk dan ukurannya. Semakin dekat komet tersebut dengan matahari, semakin panjanglah ekornya. Ada juga komet yang tidak berekor.
Ciri Orbit
Komet bergerak mengelilingi matahari berkali-kali, tetapi peredarannya memakan waktu yang lama. Komet dibedakan menurut rentangan waktu orbitnya. Rentangan waktu pendek adalah kurang dari 200 tahun dan rentangan waktu panjang adalah lebih dari 200 tahun. Secara umumnya bentuk orbit komet adalah elips.
Asal-usul
Ternyata ada kepercayaan yang mengaitkan komet dengan munculnya bencana, seperti wabah, peperangan, dan paceklik.
Macam-macam Komet
-Komet Halley
Secara resmi diberi nama 1P/Halley, nama umumnya diberikan menurut nama Edmund Halley, adalah salah satu komet yang terlihat dari bumi sekitar 75-76 tahun. Komet ini merupakan komet paling terkenal di antara komet-komet periodik lainnya. Walaupun pada setiap abad banyak komet berperiode panjang yang muncul lebih terang dan dahsyat, Halley adalah satu-satunya komet dengan periode pendek yang tampak dengan mata telanjang, dan karenanya merupakan komet yang tampak dengan mata telanjang yang pasti kembali dalam rentang umur manusia. Kemunculannya sepanjang sejarah memiliki pengaruh yang besar terhadap sejarah manusia, walaupun penampakannya tidak dikenali sebagai obyek yang sama sampai abad ke-17. Komet halley terakhir muncul di tata surya pada tahun 1986, dan akan muncul kembali pada pertengahan 2061.
-Komet Encke
Secara resmi dinamai 2P/Encke. Komet Encke adalah sebuah komet periodik dengan periode 3,3 tahun, dinamai menurut Johann Franz Encke, yang melalui studi kerasnya pada orbit komet tersebut dan melalui banyak perhitungan dapat menghubungkan pengamatan terdahulu pada 1786 (2P/1786 B1), 1795 (2P/1795 V1), 1805 (2P/1805 U1) dan 1818(2P/1818 W1) pada satu obyek yang sama. Pada 1819 ia menerbitkan kesimpulannya pada jurnal Correspondance astronomique, dan memprediksi dengan tepat kemunculan sang komet pada 1822 (2P/1822 L1). Dan penyebutan nama resminya setelah Komet Halley (yang dikenal juga P1/Halley). Tidak seperti biasanya, komet Encke dinamai berdasarkan orang yang mengitung orbitnya dan bukan orang yang menemukannya(Pierre M├ęchain)
-Komet Hayakutake
Komet Hayakutake (kode resmi: C/1996 B2) adalah sebuah komet yang ditemukan pada Januari 18996 olrh seorang pengamat astronomi amatir asal jepang, Yuji Hayakutake. Komet ini melintasi bumi dalam jarak yang sangat dekat dengan pada Maret tahun tersebut (paling dekat pada tanggal 25 Maret), salah satu Lintasan komet yang terdekat dalam 200 tahun, sehingga tampang terang dan dapat dilihat oleh orang di seluruh dunia. Hasil penelitian ilmiah ini menunjukan adanya emisi sinar-X dari komet tersebut; pertama kalinya sebuah komet melakukan hal tersebut. Selain itu, Hayakutake adalah komet dengan ekor terpanjang yang diketahui hingga kini. Hayakutake adalah sebuah komet periode panjang. Sebelum perjalanannya melewati tata surya, periode orbitnya mencapai sekitar 15.000 tahun, namun pengaruh gravitasi dari planet-planet raksasa (atau “raksasa gas” yang terdiri dari Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus) telah meningkatkannya hingga 72.000 tahun.
-Komet Lulin mendekati bumi sejak Januari 2009 dan mencapai posisi puncaknya pada 24 Februari 2009 dengan jarak 61 juta kilometer atau sekitar 160 kali jarak Bumi-Bulan (Jarak Bumi-Bulan sekitar 380 ribu kilometer). Jarak ini kurang lebih dekat daripada jarak Bumi-Mars (78 juta kilometer). Sehingga untuk wilayah utara Bumi, komet Lulin akan terlihat pada malam hari dengan mata telanjang dalam beberapa hari ke depan. Saat mendekati pusat tata surya, panas Matahari akan memanaskan permukan Komet Lu Lin yang terdiri dari campuran debu, gas, dan es. Hasil pengamatan NASA menunjukkan, komet tersebut melepaskan uap air ke ruang angkasa yang setara dengan air sebanyak satu kolam renang bersatandar Olimpiade setiap 15 menit. Cahaya hijau yang dipancarkannya merupakan daya tarik komet Lu Lin. Warna tersebut berasal dari gas yang menyelimuti atmosfernya. Gas yang memancar dari inti komanya mengandung cyanogen (CN), jenis gas beracun yang banyak terkandung dalam komet, dan diatom karbon (C2). Keduanya menyala hijau saat terpapar cahaya Matahari di ruang hampa. Selain itu, Komet Lulin seolah-seolah memiliki dua ekor. Jika dilihat dari Bumi, selain ekor utama (tail) yang mengarah menjauhi Matahari juga terdapat ekor di depan mengarah ke Matahari yang disebut antitail. Hal tersebut akibat ilusi optik yang terjadi saat Bumi pengamatan sejajar dengan garis orbitnya. Lulin juga akan tampak bergerak cepat dan berpindah dari posisinya terhadap bintang-bintang yang ada di latar belakangnya. Hal ini karena arah gerak komet yang berkebalikan dengan arah gerak Bumi di tata surya.
-Komet Swan kemungkinan tidak akan mendekati bumi lagi. Jalur yang ditempuhnya menunjukkan komet itu aka melesat ke ruang antar bintang, jauh dari matahari, untuk waktu sangat lama sebelum kemungkinan mencapai bintang lainnya.

2. Meteor adalah penampakan jalur jatuhnya meteorid ke atmosfer bumi lazim disebut sebagai bintang jatuh. Penampakan tersebut disebabkan oleh panas yang dihasilkan oleh tekanan ram(bukan oleh gesekan, sebagaimana anggapan umum sebelum ini) pada saat meteorid memasuki atmosfer. Meteor yang sangat terang, lebih terang daripada penampaan planet venus, dapat disebut sebagai bolide. Dalam ilmu Fisika, tekanan ram adalah tekanan yang dihasilkan oleh benda yang bergerak dengan kecepatan supersonik di dalam mediumfluida (gas atau cairan). Tekanan ini menghasilkan gaya hambat yang besar pada benda tersebut.
Jika suatu meteoroid tidak habis terbakar dalam perjalanannya di atmosfer dan mencapai permukaan bumi, benda yang dihasilkan disebut meteorit. Meteor yang menabrak bumi atau objek lain dapat membentuk impact crater.
Meteorit adalah batu meteor yang berhasil mencapai permukaan bumi. Disebut juga meteor setelah menembus atmosfir bumi tetapi belum mencapai permukaan bumi. Merupakan asteroid kecil yang ketika memasuki atmosfir bumi, gesekan udara menyebabkan meteor menjadi panas dan menimbulkan cahaya sehingga kadang kala disebut bintang jatuh. Di Indonesia, meteorit bisa ditemukan di musium geologiBandung.
Meteorit adalah bahan baku keris yang disukai para empu. Keris yang mendapat campuran meteorit biasanya ringan namun sangat kuat karena mengandung logam langka, seperti titanium.

3. Asteroid, pernah disebut sebagai planet minor atau planetoid, adalah benda berukuran lebih kecil daripada planet, tetapi lebih besar daripada meteoroid, umumnya terdapat di bagian dalam Tata Surya (lebih dalam dari orbit planet Neptunus). Asteroid berbeda dengan kometdari penampakan visualnya. Komet menampakkan koma ("ekor") sementara asteroid tidak.
Asteroid pertama yang ditemukan adalah 1 Ceres, yang ditemukan pada tahun 1801 oleh Giuseppe Piazzi. Kala itu, asteroid disebut sebagai planetoid.
Sudah sebanyak ratusan ribu asteroid di dalam tatasurya kita diketemukan, dan kini penemuan baru itu rata-rata sebanyak 5000 buah per bulannya. Pada 27 Agustus, 2006, dari total 339.376 planet kecil yang terdaftar, 136.563 di antaranya memiliki orbit yang cukup dikenal sehingga bisa diberi nomor resmi yang permanen. Di antara planet-planet tersebut, 13.350 memiliki nama resmi (trivia: kira-kira 650 di antara nama ini memerlukan tanda pengenal). Nomor terbawah tetapi berupa planet kecil tak bernama yaitu (3360) 1981 VA; planet kecil yang dinamai dengan nomor teratas (kecuali planet katai 136199 Erisserta 134340 Pluto) yaitu 129342 Ependes.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar